Warisan Alam Dunia Di Indonesia

. . No comments:
4 dari sekitar 193 warisan alam dunia yang ditetapkan oleh UNESCO ada di Indonesia, berikut adalah ke 4 warisan dunia tersebut :

1.Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon merupakan Taman Nasional pertama yang di  resmikan yang terletak di paling barat pulau jawa, Indonesia. Taman Nasional ini juga memasukkan wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Taman ini mempunyai luas sekitar 122.956 Ha; (443 km² di antaranya adalah laut), yang dimulai dari tanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudra Hindia. Pada Awalnya taman ini merupakan wilayah pertanian, namun bencana meletusnya Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883 membuatnya menjadi hancur lebur dan rata dengan Tanah.

2. Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo terletak antara pulau NTT dan NTB, taman ini terdiri atas tiga pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².  Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

3. Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorenzt
Taman Nasional Lorenzt adalah taman nasional yang terletak di Papua  Dengan luas wilayah sebesar 2,4 juta Ha; Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Wilayahnya juga terdapat persediaan mineral, dan operasi pertambangan berskala besar juga aktif di sekitar taman nasional ini. Ada juga Proyek Konservasi Taman Nasional Lorentz yang terdiri dari sebuah inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di sekitar Taman Nasional Lorentz ini. Nama Taman Nasional ini diambil dari nama seoran penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz yang melewati taman tersebut pada tahun 1909 pada ekspedisinya yang ke 10 di taman ini.

4.Warisan Hutan Hujan Sumatera 
Warisan Hutan Hujan Tropis
Dan yang trakhir adalah Warisan Hutan Hujan Tropis di Sumatera, yang termasuk di dalamnya yaitu ; Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Disini merupakan tempat warisan hujan tropis yang memiliki peran peting untuk mempertahankan beberapa spesies makhluk hidup yang hampir punah, seperti harimau sumatera dan badak sumatera. 


Sumber : Wikipedia 

No comments:

Post a Comment


×

Labels

Blog Archive