Ternyata Lobster Hidup Abadi Secara Biologis

. . No comments:


Lobster, siapa tak kenal hewan yang satu ini, dengan capit besar seperti kepiting ia dijuluki Udang raksasa. Hewan ini memiliki daging yang banyak, lembut, manis, dan beraroma laut, yang pastinya juga berharga mahal. Diantara semua kelebihan tersebut, ternyata Lobster memiliki kemampuan tubuh yang luar biasa. Ya, seperti judul artikel kali ini, ia dianggap sebagai makhluk yang abadi secara biologis.

Kenapa Lobster dianggap sebagai Makhluk yang abadi?

Para peneliti mengungkapkan bahwa ini disebabkan karena mereka memiliki kemampuan menghasilkan enzim telomerase dalam jumlah yang banyak secara konstan.
Enzim Telomerase ini merupakan enzim yang mengatur setiap telomere yang ada di ujung setiap kromosom. Telomere itu berguna untuk melindungi kromosom atau DNA dari degradasiPada Makhluk hidup umumnya seperti manusia, setiap kali Telomere ini membelah diri, maka degradasi akan terjadi dan itu akan memburuk seiring bertambahnya usia. Telomere ini juga tidak akan bertambah.
Jadi, lobster ini tidak seperti manusia, yang semakin bertambah usianya menuju tahap penuaan, semakin lemah keadaan fisiknya. Lobster tidak akan mengalami kelemahan fisik seiiring pertambahan Usiannya. Tapi apabila ada faktor luar tubuh seperti luka ataupun dimangsa oleh penyakit, tentu saja Lobster ini juga akan mati.



Lantas, kenapa tidak banyak ditemukan lobster yang sangat besar jika mereka abadi secara biologis?
Itu karena seiring pertumbuhan tubuhnya, lobster harus berganti ke cangkang yang lebih besar agar bisa menampung tubuhnya tadi, jadi dalam proses menemukan dan mencari cangkang inilah lobster banyak yang mati, baik karena dimangsa, ataupun keadaan yang tidak beruntung.

Lobster terberat yang pernah ditemukan memiliki berat kurang lebih 20 kg, namun diyakini masih ada yang lebih berat dan besar karena kemampuan biologis mereka ini.

Sumber : Tahupedia.com

No comments:

Post a Comment


×

Labels

Blog Archive