Matahari Itu Sebenarnya berwarna Putih, bukan Kuning !!

. . No comments:

Kira-kira kalau saya bertanya kepada anda apa warna matahari? Apa yang anda jawab? Saya yakin anda akan mengatakan oranye atau kuning. Namun tahukah nada kalau warna dari matahari ini adalah PUTIH ? 

Pasti banyak yang belum mengetahui fakta ini, sebernarnya warna matahari merupakan gabungan dari semua warna. 

Mengapa kita melihat warna kuning atau oranye dari matahari? Ini karena warna kuning memiliki panjang gelombang paling terang dari matahari, oleh karena itu warna kuning lah yang kita lihat dengan mata telanjang.

Salah satu ilmuan yang membuktikan hal ini adalah Sir Isaac Newton. Ia bereksperimen dengan sinar matahari yang memasuki ruangan gelap melalui sebuah celah kecil, ketika melewati sebuah prisma, sinar itu terbagi menjadi semua warna yang terdapat pada pelang, dan jatuh di permukaan yang berwarna putih. Ini membuktikan bahwa gabungan seluruh warna yang dipancarkan matahari akan membentuk warna putih.

Jadi sebenarnya matahari penuh warna jika diamati sesuai panjang gelombangnya masing-masing. NASA memiliki instrument yang telah dibuat khusus untuk mengamati matahari, baik yang ada di bumi maupun yang berada di luar angkasa dapat menangkap cahaya Matahari dari berbagai panjang gelombang yang berbeda. Berikut gambarnya 


Semua bentuk cahaya itu memiliki fenomena yang sama yaitu spectrum elektromagnetik. Perlu diketahui bahwa kita hanya bisa melihat sedikit dari cahaya2 di spectrum itu yang disebut dengan “visible Light” atau cahaya tampak.

No comments:

Post a Comment


×

Labels

Blog Archive