Lumba-Lumba Tidur Dengan Satu Mata Terbuka

. . No comments:
Tidur merupakan kebutuhan pokok untuk setiap makhluk hidup di bumi ini. Saat tidur kita melakukan pengistirahatan terhadap otak dan tubh, dapat dikatakan juga sebagai respon lelah dan untuk mendapatkan energy kembali. Saat tidur, pasti kita manusia harus memejamkan mata. Namun tidak demikian dengan hewan lucu yang satu ini.


Lumba-lumba dapat ditemukan di lautan seluruh dunia. Mereka adalah makhluk lucu dengan kulitnya yang terasaseperti permukaan karet saat kita sentuh. Ada lebih dari tiga puluh spesies lumba-lumba dan setiap spesies ini memiliki anda-tanda khusus yang berbeda-beda.

Ternyata lumba-lumba tidak bisa membiarkan mata mereka tertutup. Mamalia ini tidur dengan satu mata terbuka. Ini dilakukan karena mereka harus selalu waspada terhadap keadaan sekelilingnya, karena bisa saja sewaktu-waktu lumba-lumba di serang pemangsanya yang lain. Selain itu yang membuat lumba-luba harus tidur secara sadar adalah karena mereka bernafas secara sadar. Jadi jika mereka tidur dan tak sadar, maka mereka akan tercekik dan tenggelam.

Saat lumba-lumba tidur mereka akan mengambang di laut, dengan satu mata terbuka. Setelah beberapa waktu, mereka akan menutup mata satu dan membuka yang lain. Mereka terus mengganti mata yang terbuka sepanjang waktu tidurnya.

Sebuah penelitian telah di lakukan yang menggambarkan bahwa ternyata tingkat kesadaran lumba-lumba saat tidur dan terjaga tetaplah sama. Jadi Tidak seperti kita yang entah kemana saat sedang tidur. Lumba-lumba ini selalu sadar keadaan sekitarnya saat sedang tidur.


No comments:

Post a Comment


×

Labels

Blog Archive