Otak Dapat hidup Berhari-Hari Setelah Terpisah Dari Tubuh

. . 1 comment:
Otak merupakan bagian terpenting dalam tubuh kita. Setiap yang kita lakukan datur oleh otak dengan system koordinasi yang sangat kompleks. Sistem sarah, system peredaran darah, system endokrin, pernapasan, dan juga system lainnya yang melibatkan organ organ penting dalam tubuh semuanya diatur oleh otak. Sudah dapat dipastikan bahwa jika otak kita mati, tidak ada lagi yang menjaga keaadaan tubuh kita untuk hidup.


Namun tahukah anda jika otak ini dapat hidup diluar tubuh selama berhari – hari?
Kebutuhan otak vertebrate sebenarnya cukup sederhana, yaitu yang paling utama adalah oksigen dan glukosa. Ini dapat diberkan dengan menghubungkan pembuluh darah yang memasok otak dengan pembuluh darah buatan atau pembuluh darai pengganti. Belum pernah dilakukan percobaan pada otak manusia yang masih hidup, namun untuk hewan vertebrate lainnya seperti monyen dan anjing, otak hewan ini bertahan untuk tetap hidup selama beberapa jam bahkan hari, setelah dikeluarkan dari tubuh.


Masalah yang ditemukan adalah bahwa tanpa melekatnya tak dengan tubuh, kesehatan otak hanya dapat dinilai dengan cara yang cukup mendasar dan tidak spesifik. Umumnya kehadiran aktivitas listrik pada otak dapat menjadi bukti bahwa otak masih hidup. Karena belum ada cara untuk melekatkan kembali otak kedalam tubuh, sangat sulit untuk menilai apakah otak masih sadar dan berfungsi sepenuhnya setelah di cabut dari tubuh. 

1 comment:


×

Labels

Blog Archive