Laba-laba Memiliki Otak Di Kakinya ?

. . No comments:

Laba-laba makhluk yang sangat ditakuti kaum hawa, ternyata memiliki banyak hal yang menarik tentang diri mereka. Salah satunya adalah sesuai dengan judul artikel ini. Ternyata laba-laba yang ukurannya kurang dari 1mm, memiliki otak yang lebih besar dari laba-laba yang mempunyai  ukuran tubuh di atasnya. Juga ditemukan oleh para ahli bahwa sangking besarnya, otak laba-laba ini sampai menjalar ke kakinya.

Seperti yang telah dilaporkan dari “The Smithsonian Tropical Research Institute” yang menyatakan bahwa beberapa spesies laba-laba kecil diberkahi dengan otak yang sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, bahkan otak ini tumbuh hingga ke bagian tubuh lainnya, bahkan sampai ke kaki-kakinya.

Fakta keren ini diketahui melalui penelitian yang sebenarnya bertujuan untuk menambah pemahaman tentang perbandingan tingkah laku dengan ukuran otak.  Dalam penelitian ini mereka sekaligus menemukan bahwa ukuran otak laba-laba berbanding terbalik dengan ukuran tubuhnya, Artinya Semakin besar ukuran otaknya, semakin kecil ukuran tubuhnya. Mereka juga menemukan bahwa ukuran otak laba-laba terkecil memenuhi hampir 80 persen seluruh tubuhnya, kecuali sekitar 20 persen kakinya.

Awalnya diduga bahwa ukuran otak berkaitan dengan kemampuan laba-laba membut jarring. Namun dugaan tersebut dimentahkan sebab laba-laba kleptoparasitic yang tak punya kemampuan membangun jarring ternyata juga memiliki otak yang besar. Belum ada konsekuensi otak besar itu.


No comments:

Post a Comment


×

Labels

Blog Archive