Cara Memberikan Pertolongan Pertama Untuk Penderita Asma

. . 1 comment:

Pernakah ada teman anda yang sesak nafas secara tiba-tiba? Dan kebetulan saat itu terjadi dia besama anda, lalu kita tidak tahu bagaimana cara menolongnya. Bahkan menenangkannya pun kita tidak berani, Karen takut melalukan kesalahan yang bisa membuat asmanya tambah parah. Asma ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya apabila  dibiarkan terus menerus, biasanya orang akan sangat panic jika terserang asma, terlebih lagi apabila dia belum terbiasa dengan hal itu.

Nah, di sini saya akan mencoba berbagi tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama pada orang yang terkena asma, yang mungkin saja sedang bersama anda saat itu. Tentunya kita akan sangat senang bisa membantu orang tersebut.

Berikut adalah cara pemberian pertolongan pertama pada orang sesak nafas yang benar :

  1. Carilah tempat yang nyaman dan sejuk kemudian bawa penderita ke tempat tersebut.
  2. Posisikan si penderita dalam keadaan setengah duduk dan sambil bersandar di tembok. Pada bagian leher, berikan bantal agar terasa lebih nyaman. Jangan sekali-kali memposisikan penderita dalam keadaan berbaring/tidur.
  3. Anda jangan merasa panik sehingga tidak memperburuk keadaan. Yang diperlukan hanyalah rileks dan santai.
  4. Berilah minuman air hangat walaupun hanya sedikit, ini akan membantu.
  5. Pijatlah secara perlahan bagian jempok kakinya, tepatnya 3-5 cm diatas ruas jempol, itu adalah syaraf paru-paru.
  6. Jika keadaan penderita asma ini tidak kunjung sembuh, kuran lebih dalam waktu 15 menit. Segeralah bawa ke dokter terdekat untuk menjalani pengobatan yang cocok.


Sekian postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Juga jangan ketinggalan untuk mempraktekan ilmu di atas agar bisa menolong orang lain. 

Sumber : Penyebab-penyakit.blogspot.com 

1 comment:

  1. Pertolongan pertama pada penderita ashma bisa dengan terapi inhalasi, bisa di UGD rumah sakit, buat anda yang sudah biasa terapi inhalasi di rumah sakit anda bisa membeli alat ini di Toko alat kesehatan Alkes Medika atau silahkan lihat produknya disini Nebulizer omron nec 28

    ReplyDelete


×

Labels

Blog Archive