Siput Dapat Tidur Selama 3 Tahun

. . 1 comment:
Siput adalah nama umum yang diberikan untuk anggota kelas Moluska Gastropoda. Istilah ini diberikan bagi mereka yang memiliki cangkang seperti pada gambar diatas saat mereka dewasa, namun ada juga siput yang tidak memiliki cangkang. Hewan ini bisa ditemukan di lingkungan yang berbeda-beda, namun yang pasti ditemukan pada lingkungan yang basah atau lembab.


Siput terkenal sebagai hewan yang sangat lambat dan lelet. Ternyata selain itu, tidak banyak yang mengetahui ternyata siput mampu tidur dalam waktu yang sangat lama, seperti di judl artikel ini, iya mampu tidur 3-4 tahun. Proses tidurnya yang panjang ini dinamakan hibernasi. Hibernasi adalah kondisi ketidakaktifan dan penurunan pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh yang lebih rendah,pernapasan yang lebih perlahan, dan kecepatan metabolisme yang melambat.
Lalu untuk apa sebenarnya siput tidur sangat lama?

Nah, siput ini adalah salah satu hewan yang hidupnya sangat bergantung pada kelembapan lingkungannya, jika mereka kekurangan cairan atau tidak basah, maka mereka akan mati. Oleh karena itu siput tidur untuk mengembangkan mekanisme kelangsungan hidupnya yang diarahkan untuk mempertahankan kelembaban di tubuh mereka. Alasan inilah yang membuat kebanyakan siput bersifat nocturnal (aktif pada malam hari), Tidur di siang hari dan mencari makan di malam hari.

Saat mereka bergerak di malam hari, hewan ini akan bergerak secara perlahan dan hati-hati. Siput mengunyah apapun yang mereka temukan dengan mengandalka sentuhan mereka, karena mereka tidak bisa mendengar dan memiliki pelihatan yang sangat buruk.


Hewan ini melakukan hibernasi berusaha untuk menghemat energy, terutama saat musim dingin sewaktu terjadi kelangkaan makanan, membakar cadangan energi, lemak tubuh, dengan perlahan. Hibernasi ini dapat terjadi dalam jangka waktu harian, mingguan, bahkan juga tahunan. Siput gurun adalah salah satu siput yang mampu berhibernasi/tidur selama 3 tahun, dan mereka memiliki berbagai kemampuan yang telah dikembangkan untuk menjaga kelembaban tubuhnya.

1 comment:


×

Labels

Blog Archive